Minggu, 28 Juli 2013

Sahur on the road dan berbagi nasi bersama @Jum'at Berbagi

Hey, Assalamu'alaikum...

Tulisan ini adalah tentang Jum'at Berbagi, Apa itu? let's see?

@jum'at berbagi, sedekah rutin dan berbagi kepada orang- orang yang membutuhkan dan kekurangan diluar sana. Jum'at berbagi sesuai dengan namanya yaitu dilaksanakan setiap hari jum'at di akhir bulan . 


Ehemm, Jum'at Berbagi merupakan sebuah komunitas (kumpulan beberapa orang yang berkomitmen dan mempunyai tujuan yang sama) yang berdiri pada tahun ini 2013 oleh beberapa pelopor yaitu mahasiswa UAD-PBI-E diantaranya adalah Eko Subekti sebagai salah seorang yang mencetuskan ide kreatif bin full manfaat ini , Enny Tria Rosita, Hilda Tri yulianti, Khusnul Khoiriyah dan ditambah teman - teman seperjuangan yang akhirnya nekat bangun pukul 2.00 dini hari untuk mempersiapkan perjalanan menuju ridho ilahi (Nurvia, Wiwid,  Muh. Mustangin, Rizki, mb mifta) *krik


Sebenarnya apa sih misi mereka?? *hehe yang pasti  bangga dengan mereka yang mempelopori berdirinya komunitas peduli sesama ini. Komunitas yang berdiri atas dasar rasa ikhlas dan berbagi serta peduli kepada oranglain yang membutuhkan. 

Yaaap! We really appreciate! apalagi jum'at berbagi dilaksanakan setiap hari jum'at di akhir bulan, dan ini luar biasanya, seberapa besar keikhlasan kita bisa berbagi dengan sesama disaat akhir bulan yang notabene sebagai anak kosan akhir bulan adalah edisi limit hehe, tapi alasan ini nggak menghalangi kita untuk berbagi sesama dan tetap ikhlas kan?

*mereka buktinya, meskipun uang masih mengandalkan kiriman orang tua, tapi setidaknya mereka memiliki kemauan dan ikhlas menyisihkan rizkinya yang diberikan Allah lewat orangtua untuk sedekah dan berbagi sesama.

Melalui Jum'at berbagi kita jadi belajar bagaimana caranya disaat edisi limit pada akhir bulan ini  bisa tetap sedekah dan berbagi sesama dengan hati yang ikhlas, nah  tentu sebagai manusia yang berakal dan sempurna serta diberikan hati dan keikhlasan yang lebih kita bisa berfikir kreatif berusaha menghasilkan sesuatu yang nantinya bisa kita beri kepada mereka yang benar- benar membutuhkan meskipun sedikit atau hanya sekedar sebungkus nasi dan segelas air mineral.

Disini tempatnya, disini tempat kita berbagi dan belajar memahami arti memberi, dan mengerti betapa berharganya sebungkus nasi yang kita beri untuk mereka yang insyaAllah berkah amiin. 

Semoga apa yang sedikit kita beri ini bermanfaat untuk mereka para gelandang yang entah kenapa sebab mereka bisa menjalani takdirnya sebagai gelandang yang nggak punya keluarga bahkan mereka yang tidak diakui oleh keluarganya, mereka yang tak mampu membiayai hidupnya dan terpaksa menggelandang, tidur diemperan toko beralaskan kardus atau koran beratapkan atap teras depan toko seadanya, yang entah siapa pemilik toko tersebut, 

dan keadaan yang memaksa mereka menjalani takdir inilah yang membuat hati kita tergerak untuk melakukan apa yang seharusnya kita lakukan sebagai manusia yang sempurna diberi kelebihan rizki bahkan akal fikiran yang cerdas.  

Dan pada malam itu pukul 02.00 dini hari jum'at tertanggal 26 Juli 2013, kami ber 9 Eko, Hilda, Masteng, Sita, Nurvia, Rizki, mb mifta, dan wiwid melangkahkan kaki demi tujuan yang sama berbagi nasi (jum'at berbagi) di daerah sekitaran 0 Km (baca: Malioboro), 


Alhamdulillah. Akhirnya.... Jum'at berbagi yang ketiga kali ini berjalan dengan lancar dan semua berkat rahmat Allah  swt dan keikhlasan kita. menyusuri jalan menuju 0 km, jam 02.00 dini hari yang masih sepi, tanpa lalu lalang kendaraan yang ramai, yang akhir- akhir ini Jogja hampir seperti ibukota yang macet. syukurlah, sambil berbagi, sahur dijalan, sambil menghirup segarnya udara  Jogja, merasakan hawa dingin pagi hari yang masih berhiaskan bintang serta bulan yang sedikit malu- malu menampakkan wujudnya.


disepanjang jalan menuju 0 km hanya ada rasa syukur karena masih diberi umur panjang dan masih dipertemukan bulan yang penuh berkah, bulannya para bulan- bulan lain yang Allah berikan keistimewaan, barangsiapa melakukan amal soleh maka dialah yang mendapatkan keberkahannya. 

Rasa prihatin ini juga muncul ketika menyaksikan banyak orang- orang entah mereka  baik atau buruk akhlaknya, yang entah juga apa sebabnya mereka tidur disetiap emperen toko jalan menuju 0 km. 

Semoga sebungkus nasi dan sebotol air mineral ini bisa meringankan dan mengisi perut mereka sebagai bekal dalam melangkahkan kakinya untuk memperjuangkan hidup mereka. 

Amiin,  

semoga kita sebagai manusia yang dilahirkan Sempurna dimudahkan segala urusannya dan diberi semangat untuk selalu berbagi meskipun itu sedikit. Semoga kita semua disayang Allah ya?amiin  

look at over there!!
Mifta, Hilda, Masteng, Kiki, Eko, Khusnul, Nurvia, Sita 



Alhamdulillah, jum'at berbagi sambil jalan- jalan keliling Jogja :) 
Let's join for the next Jum'at Berbagi yaa Guys, See you :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar